Rabu, 27 Mei 2009

SEKOLAH MENENGAH KESENIAN INDONESIA (SMKI)

SMKI adalah satu-satunya sekolah menengah kejuruan yang menggarap kesenian Jawa Barat. Ketika didirikan pada tahun 1958 institusi pendidikan ini bernama Konservatori Karwitan dibawah naungan Direktorat Jenderal Kesenian. Setelah dikelola Dikmenjur (Pendidikan Menengah Kejuruan), namanya berubah menjadi Sekolah Menengah Karawitan Indonesia, dan pada tahun 1994 menjadi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 10 (SMKN 10) Jurusan Seni Pertunjukan. Namun karena dirasa lebih tepat, banyak orang lebih suka menyebutnya sebagai SMKI, atau Sekolah Menengah Kesenian Indonesia.
Sejak awal berdirinya, hingga sekarang, sekolah ini tetap mengemban misi menggali dan mengembangkan kesenian etnik Jawa Barat. Dan bidang keahlian yang tengah dikembangkan pada lembaga pendidikan tingkat menengah ini adalah bidang keahlian: seni karawitan, tari, padalangan, teater dan seni musik. Para alumnus sekolah kesenian ini pada umumnya menjadi pionir dalam hal pembinaan dan pengembangan kesenian di setiap daerah di wilayah Jawa Barat, Jakarta dan dibeberapa negara sahabat.
Selain mengelola bidang pendidikan seni, SMKI juga melayani publik untuk garapan kesenian untuk acara seremonial dan pertunjukan seni. Fasilitas bagi proses belajar mengajar dan pelayanan publik, antara lain: laboratorium komputer, studio rekaman, studio untuk kegiatan workshop, dan gedung pertunjukan. Kawasan sekolah ini tengah direncanakan untuk dikembangkan sebagai daerah tujuan wisata yang ada di Kota Bandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar