Rabu, 27 Mei 2009

PENDIDIKAN MENENGAH: RSBI Mulai Terima Siswa Baru

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Rintisan sekolah berstandar internasional (RSBI) mulai menerima siswa baru, di antaranya SMAN 2 dan SMAN 9 Bandar Lampung.
Kepala SMAN 2 Bandar Lampung Sudarto mengatakan RSBI yang selama ini dilakukan by class menjadi by subject. Artinya, kalau selama dua tahun hanya membuka dua kelas untuk kelas RSBI, tahun ini semua siswa kelas X harus RSBI. Oleh sebab itu, tahun ini SMAN 2 menerima 288 siswa baru RSBI.
"Tahun ini kami membuka tujuh kelas, setiap kelas maksimal 32 siswa," kata Sudarto pada sosialisasi PSB RSBI SMAN 2 di ruang perpustakaan, Sabtu (4-4). Sosialisasi ini juga dihadiri Kabid Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung Ahmad dan Koordinator SMA RSBI Lampung Supanto, belasan guru dari SMP/MTs yang berpredikat sekolah standar nasional (SSN) dan RSBI, seperti SMPN 1, SMPN 2, SMPN 21, dan SMP Xaverius IV.
Menurut Sudarto, RSBI sama dengan SSN plus karena sistem pendidikan mengacu pada salah satu dari 33 negara yang tergabung dalam OECD, khusus menangani sekolah-sekolah internaasional di dunia. Selain itu, sekolah RSBI harus melakukan penguatan dan pengayaan potensi dan keunggulan sekolah.
Koordinator SMA RSBI Lampung Supanto mengatakan di Lampung ada lima sekolah status RSBI, yaitu SMAN 2 Bandar Lampung, SMAN 9 Bandar Lampung, SMAN 1 Metro, SMAN Kotagajah, dan SMAN 1 Gading Rejo. Sistem penerimaan siswa baru di lima sekolah ini sama. PSB RSBI dilakukan dua jalur, yaitu jalur prestasi dan jalur tes akademik.
Persyaratan jalur prestasi cukup ketat. Peserta harus memiliki prestasi juara I--III di bidang olimpiade sains atau kompetensi mata pelajaran Bahasa Inggris yang dilaksanakan instansi pemerintah, baik tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional dan internasional. Selain itu, nilai rapor semester I--V untuk setiap mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, IPA, dan IPS minimal 70.
"Siswa jalur prestasi ini masuk tanpa tes, apabila dinyatakan lulus berkas, cukup mengikuti tes wawancara saja," kata Supanto.
Sedangkan syarat mengikuti jalur tes akademik, peserta harus memiliki nilai rata-rata untuk setiap mata pelajaran; Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, dan IPS, minimal 70. Apabila dinyatakan lulus pemberkasan, peserta mengikuti tes kemampuan akademik, tes kemampuan Bahasa Inggris (listening, reading, speaking, dan writing), dan tes wawancara.
Untuk pendaftaran RSBI SMAN 2 sendiri dimulai pada 6--18 April, seleksi berkas pada 20--30 April, Pengumuman seleksi berkas 01 Mei, Pengambilan nomor tes 13--14 Mei, Tes akademik 15 Mei, Tes kemampuan Bahasa Inggris 16--18 Mei. Tes wawancara bagi peserta jalur prestasi pada 7 Mei dan pengumuman pada 12 Mei. Sedangkan tes wawancara bagi peserta jalur tes pada 22--23 Mei, pengumuman 1 Juni.
"Bagi peserta yang tidak lulus jalur prestasi bisa mengikuti jalur tes dengan lebih dahulu melaporkan kepada panitia," kata Supanto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar